Rabu, 26 Juni 2013

Solar Cell : Sumber Energi masa depan yang ramah lingkungan

Solar Cell : Sumber Energi masa depan yang ramah lingkungan

 

Energi adalah satu kata yang mempunyai makna sangat luas karena tidak ada aktivitas di alam raya ini yang bergerak tanpa energi. Secara umum sumber energi dikategorikan menjadi dua bagian yaitu non-renewable energy dan renewable energy. Sumber energi fosil adalah termasuk kelompok yang pertama yang sebagaian besar aktivitas di dunia ini menggunakan energi konvensional ini.

Salah satu yang termasuk sumber energi terbarukan atau renewable adalah energi listrik tenaga surya atau juga disebut solar cell.Tenaga Surya adalah solusi pengembangan teknologi pembangkit listrik tenaga surya yang ramah lingkungan dan alternative mengurangi ketergantungan energy yang dihasilkan dari minyak bumi, batu bara, gas panas bumi, nuklir yang dapat mempercepat pemanasan suhu bumi(global warming).

Dari cahaya menjadi Listrik

Gambar Struktur lapisan tipis solar sel secara umum

    Secara sederhana solar cell terdiri dari persambungan bahan semikonduktor bertipe p dan n (p-n junction semiconductor) yang jika tertimpa sinar matahari maka akan terjadi aliran electron, nah aliran electron inilah yang disebut sebagai aliran arus listrik. Sedangkan struktur dari solar cell adalah seperti ditunjukkan dalam gambar.

Bagian utama perubah energi sinar matahari menjadi listrik adalah absorber (penyerap), meskipun demikian, masing-masing lapisan juga sangat berpengaruh terhadap efisiensi dari solar cell. Sinar matahari terdiri dari bermacam-macam jenis gelombang elektromagnetik yang secara spectrum dapat dilihat pada gambar dibawah Oleh karena itu absorber disini diharapkan dapat menyerap sebanyak mungkin solar radiation yang berasal dari cahaya matahari.

Gambar Spektrum radiasi sinar matahari

Modul-modul yang diperlukan untuk dapat mengunah energi matahari menjadi energi listrik secara sederhana ada

Modul/Solar Cell

Solar Cell

Merupakan alat utama untuk menangkap, merubah, dan penghasil listrik. Dengan alat tersebut energy sinar matahari diubah menjadi listrik melalui proses aliran-aliran elektronegatif dan positif didalam cell modul tersebut karena perbedaan electron.   

Regulator 

Rangkaian Regulator


Merupakan suatu rangkaian elektronik yang berfungsi untuk pengisian dari modul surya ke Battery dan penyaluran beban melalui Battery Control Regulator (BRC)

Baterai

Baterai
Merupakan suatu alat yang dapat menyimpan dan menyalurkan energy listrik.

Inverter

Inverter
Inverter berfungsi sebagai pengubah bentuk tegangan arus searah dari baterai
menjadi tegangan arus bolak balik, dimana di indonesia sendiri listrik yang digunakan adalah listrik arus bolak-balik atau AC.

Pada saat ini penggunaan tenaga matahari (solar cells panel) masih dirasakan mahal karena tidak adanya subsidi. Listrik yang kita gunakan saat ini sebenarnya adalah listrik bersubsidi. Bayangkan pengusahaan/ penambangan minyak tanah, batubara (yang merusak lingkungan), pembuatan pembangkit tenaga listrik uap, distribusi tenaga listrik, yang semuanya dibangun dengan biaya besar.




Sumber:
http://www.chem-is-try.org/artikel_kimia/kimia_material/solar_cell_sumber_energi_masa_depan_yang_ramah_lingkungan/
http://phiihostaa.blogspot.com/2011/01/pengelolaan-pembangkit-listrik-tenaga.html
http://www.kamuslife.com/2012/09/listrik-tenaga-surya-kelebihan-listrik.html
http://listrik354-reddev.blogspot.com/2011/11/tenaga-surya-untuk-listrik.html http://infostudikimia.blogspot.com/2013/06/solar-cell-sumber-energi-masa-depan.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar